RENUNGAN 23 RAMADHAN 1440 H…

23 ramRENUNGAN MALAM 23 RAMADHAN 1440 H…
.
WASPADALAH TERHADAP BURUKNYA LISAN… DAN BURUKNYA ANGGOTA BADAN LAINNYA
.
Anggota badan manusia akan dimintai pertanggungjawaban. Allah berfirman, yang artinya, “SESUNGGUHNYA PENDENGARAN, PENGLIHATAN DAN HATI, SEMUANYA ITU AKAN DIMINTA PERTANGGUNGAN JAWABNYA.’ [Al-Isra’ /17:36].
.
Indra manusia dan anggota tubuhnya merupakan nikmat yang harus disyukuri, dengan memanfaatkan anggota tubuh sesuai tujuan penciptaannya. Dengan begitu ia telah merealisasikan ‘ubudiyyah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala (penghambaan kepada-Nya). ‘Ubudiyyah sendiri terbagi pada ‘ubudiyyah hati, lisan, dan anggota badan.
.
FAIDAH DO’A
.
1. Memohon perlindungan dari buruknya pendengaran artinya agar selamat dari mendengar hal-hal yang dibenci Allah, seperti mendengar ucapan dusta, ghibah, dan sebab-sebab maksiat lain. Juga berlindung agar jangan sampai pendengaran tidak mau mendengarkan kalimat hak.
.
2. Memohon perlindungan dari buruknya penglihatan artinya agar selamat dari melihat yang diharamkan; atau memandang orang dengan nada penghinaan; atau melihat ciptaan Allâh tanpa diiringi tafakkur.
.
3. Memohon perlindungan dari buruknya lisan artinya agar selamat dari mengucapkan kebatilan atau hal tak berguna, ataupun diam; tidak menyuarakan kebenaran. Dan kebanyakan kesalahan yang membinasakan berpangkal dari lidah.
.
4. Memohon perlindungan dari buruknya hati artinya agar hati selamat dari keyakinan yang rusak. Sehingga hati tidak tertuju kepada selain Allâh. Juga agar selamat dari penyakit hati seperti hasad, dan dengki.
.
5. Memohon perlindungan dari buruknya mani artinya agar kemaluan terjaga, sehingga tidak ditumpahkan pada tempat yang diharamkan, sehingga ia selamat dari zina dan hal yang menyeret kepadanya.
.
6. Disebutkan permohonan perlindungan dari hal-hal di atas secara khusus karena itu adalah sumber setiap keburukan.
.
.
ref : https://almanhaj.or.id/6934-agar-terjaga-dari-buruknya-perilaku-anggota-badan.html
.
.
#ramadhan1440
#ramadhan2019
#lisan
#mata
#telinga
#puasa

Tentang Administrator Mahad

Cek Juga

KOK BERAT..?

Bulan ramadhan adalah bulan yang dilipat-gandakan amal.. Namun sebagian orang merasa berat untuk melaksanakan amal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *