Adab Buang Hajat…

1. Tidak Membawa Sesuatu yang Bertuliskan Nama Allah
Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati (QS. Al Hajj: 32)

2. Membaca Doa Sebelum Masuk Kamar Kecil
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika memasuki kamar kecil, beliau ucapkan: ‘Allahumma inni audzu bika minal khubutsi wal khobaits’ (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan) (Muttafaq alaihi)

3. Masuk Kamar Kecil dengan Kaki Kiri, Keluar Kaki Kanan
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sangat menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sendal, ketika menyisir rambut dan ketika bersuci, juga dalam setiap perkara (yang baik-baik) (HR. Bukhari & Muslim)

4. Menutup Diri & Menjauh Ketika Buang Hajat
Kami keluar bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam satu perjalanan. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tidak buang hajat di lapangan terbuka melainkan bersembunyi hingga tidak terlihat (HR. Ibnu Majah & Abu Dawud)

5. Tidak Menghadap atau Membelakangi Kiblat
Jika kalian hendak buang hajat, janganlah menghadap dan membelakangi kiblat. Tapi, menghadaplah ke timur atau ke barat. (HR. Muslim)

6. Dilarang Bicara Kecuali Darurat
Ada seorang laki-laki lewat ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sedang buang hajat kecil, lalu laki-laki itu memberi salam kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tetapi beliau tidak menjawab salam tersebut. (HR. Muslim)

7. Dilarang Buang Hajat di Tempat Berteduh/Jalan Umum
Jauhilah dua perkara yang mengundang laknat. Mereka bertanya, Apakah dua perkara yang mengundang laknat itu, ya Rasulullah?’. Beliau berkata, Orang yang buang hajat di jalan orang-orang atau di tempat berteduh mereka (HR. Muslim)

8. Dilarang Buang Hajat di Air Yang Tidak Mengalir
Beliau melarang kencing di air yang menggenang (HR. Muslim)

9. Dilarang Buang Hajat di Lubang Binatang
Jangan sekali-kali salah seorang dari kalian kencing di lubang (yang biasa digali oleh binatang sebagai tempat persembunyiannya) (HR. Ahmad)

(Alhikmahjkt)

Tentang Administrator Mahad

Cek Juga

KOK BERAT..?

Bulan ramadhan adalah bulan yang dilipat-gandakan amal.. Namun sebagian orang merasa berat untuk melaksanakan amal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *