ILMU ITU BUKAN DARI USAHAMU…

“وفي قوله تعالى (والذين أوتوا العلم) – المجادلة : 11 – إشارة إلى أن العلم لا يدركه الإنسان بنفسه، و أن الإنسان مفتقر إلى الله عز وجل في تحصيله. فليس العلم من كسبك، وكم من إنسان بقي سنوات عديدة يطلب العلم ولم يحصله، و كم من إنسان حصل علما كثيرا في مدة قصيرة، كل هذا يعتمد على اعتماد الإنسان على ربه و سؤاله ربه أن يزيده من العلم.”

(التعليق على مقدمة المجموع : ٣٧)

“Di dalam Firman Allah Ta’ ala (artinya : dan orang-orang yang diberi ilmu) -al Mujadilah : 11- terdapat isyarat bahwasanya ilmu tidak didapat oleh manusia dengan sendirinya, dan bahwasanya manusia membutuhkan Allah ‘Azza wa Jalla dalam mendapatkan ilmu.

Jadi, ilmu itu bukan dari usahamu, berapa banyak manusia menghabiskan waktu bertahun-tahun menuntut ilmu tapi dia tidak mendapatkannya, dan tidak sedikit pula manusia yang meraih ilmu yang banyak dalam masa yang singkat. Semua ini bergantung kepada ketergantungan seseorang kepada Robbnya dan permohonan dia kepada-Nya agar menambahkan ilmu untuknya.”

(kitab at Ta’liiq ‘ala Muqoddimah al Majmu’ : 37)

اللهم علمني ما ينفعني و انفعني بما علمتني و زدني علما

“Ya Allah ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, dan berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang telah engkau ajarkan kepadaku, dan tambahkanlah ilmuku.”

Ustadz Abuz Zubair Hawaary,  حفظه الله تعالى.

 

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter yang Anda miliki. Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tentang Administrator Mahad

Cek Juga

KOK BERAT..?

Bulan ramadhan adalah bulan yang dilipat-gandakan amal.. Namun sebagian orang merasa berat untuk melaksanakan amal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *